Latar Belakang

Sistem penjaminan mutu merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan secara terencana dan berkelanjutan. Implementasi penjaminan mutu dilakukan melalui siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP) Standar Pendidikan Tinggi (SPT). Sistem penjaminan mutu Pendidikan Tinggi terdiri atas:

  • Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang dikembangkan oleh Perguruan Tinggi
  • Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yang dilakukan melalui akreditasi.

Politeknik Negeri Manado melaksanakan SPMI yang dilaksanakan untuk menjamin pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) secara sistemik dan berkelanjutan, sehingga budaya mutu tumbuh dan berkembang di setiap unit kerja Politeknik Negeri Manado. Menurut UU. Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 54, dan dijelaskan kembali pada PermendikbudRisti Nomor 3 Tahun 2020, bahwa SN-Dikti meliputi satuan standar:

  1. Standar Nasional Pendidikan,
  2. Standar Nasional Penelitian,
  3. Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat.

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM-Dikti) dilakukan terhadap ketiga standar pada SN-Dikti melalui 3 (tiga) kegiatan, yaitu;

  1. Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yang dilakukan dengan menggunakan instrumen akreditasi akreditasi BAN-PT untuk Institusi dan Program Studi.
  2. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Manado, Serta didukung oleh ketersediaan sumber daya universitas.
  3. Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PD-Dikti) yang terintegrasi secara nasional.

Pada saat ini, perguruan tinggi diamanatkan oleh pemerintah untuk melakukan evaluasi diri secara sistemik dan berkelanjutan dengan mengutamakan mutu, baik SPMI maupun SPME yang dilakukan guna memenuhi dan/atau melampaui SN-Dikti. Dalam upaya melampaui SN-Dikti, setiap perguruan tinggi diberikan keleluasaan dan kemandirian oleh pemerintah untuk menentukan standarnya sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Substansi ketiga sistem tersebut diharapkan berjalan di dalam perguruan tinggi secara terintegrasi, efektif, dan efisien.

Pusat Pengembangan Pembelajaran & Penjaminan Mutu (P4M) merupakan lembaga internal Politeknik Negeri Manado sesuai Permenristekdikti RI Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Politeknik Negeri Manado Pasal 36 mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan peningkatan dan pengembangan pembelajaran serta penjaminan mutu akademik pada setiap tingkatan proses akademik mulai dari institusi dan pada tingkatan jurusan dan program studi diselenggarakan oleh Gugus Kendali Mutu (GKM).
Gugus Kendali Mutu (GKM) merupakan perangkat penjaminan mutu yang ditetapkan oleh Direktur dan dilaksanakan oleh Jurusan terhadap kinerja program studi yang terkait untuk melaksanakan proses penjaminan mutu di tingkat program studi, khususnya dalam pemantauan, evaluasi dan pengendalian yang telah ditetapkan program studi dan menyampaikan rekomendasi perbaikan berkelanjutan dari pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. GKM dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya koordinatori oleh koordinator GKM Jurusan dibawah koordinasi Wakil Direktur 1 Bidang Akademik dan Kepala Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (P4M).
GKM mempunyai peran sebagai Unit Pengendali Mutu pada tingkat Program Studi yang bertugas melaksanakan proses penjaminan mutu di tingkat program studi, khususnya dalam monitoring dan evaluasi yang telah ditetapkan program studi dan menyampaikan rekomendasi perbaikan berkelanjutan dari pelaksanaan pendidikan dan pengajaran.

Tugas Pokok dan Fungsi

Gugus Kendali Mutu sebagai   bagian  pelaksana  pengawasan  mutu   dan  kinerja ditingkat Jurusan dan Program Studi,  memiliki tugas sebagai  berikut:

  1. Menjamin bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) telah dijalankan dengan baik dan benar mengikuti pola Penetapan ­ Pelaksanaan – Evaluasi Pelaksanaan – Pengendalian Pelaksanaan dan Peningkatan (PPEPP) di unit kerja terkait sesuai dengan standar dan aturan berlaku;
  2. Mengkoordinasilan pelaksanaan program penjaminan mutu internal di masing-masing jurusan dan program studi.
  3. Memonitoring pelaksanaan SPMI di masing-masing jurusan dengan menggunakan instrumen yang berlaku;
  4. Memonitoring pelaksanaan tindak lanjut temuan ketidaksesuaian audit  mutu internal;
  5. Mengidentfikasi kejadian-kejadian yang tidak sesuai dengan aturan/prosedur maupun standar yang berlaku di unit kerja terkait, yang beresiko terhadap pencapaian sasaran mutu maupun target kerja, serta melaporkan secara tertulis kepada pimpinan jurusan secara berkala tentang kejadian-kejadian tersebut;
  6. Mengantisipasi dan memberi masukan secara tertulis kepada pimpinan jurusan terkait tentang tindakan perbaikan terhadap ketidaksesuaian yang timbul sesuai dengan komitmen yang telah diberikan;  
  7. Menyusun laporan tertulis secara berkala setiap bulan atas hasil pelaksanaan penjaminan mutu internal untuk disampaikan kepada pimpinan Politeknik Negeri Manado melalui Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu untuk dikoordinasikan setiap tiga bulan;
  8. Berpartisipasi aktif dalam inisiatif dan pengendalian proses perbaikan.
  9. Menjalankan tugas yang diberikan dengan mematuhi dan menaati standar mutu dan perundangan yang berlaku;
  10. Menjadi panutan dalam implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Klik disini untuk melihat Panduan Gugus Kendali Mutu

Daftar Surat Keputusan Direktur Untuk Pelaksana Gugus Kendali Mutu